Pages

SELAMAT DATANG DI BLOG ELECTRIC COMMUNITY

Friday, 7 June 2013

Bagian 7 LAYER dalam Model Referensi OSI

Sebelum mengenal Router, perlu mengetahui model-model lapisan jaringan. ISO (International Standart Organization) mengeluarkan model referensi Open system Interconnection ( OSI ) . Didalam model ini proses pengolahan data dibagi dalam 7 lapisan (layer) atau bias disebut arsitektur lapisan . 

Model referensi OSI mempunyai fungsi sbb :

1. Physical layer ( layer 1 ) : melayani transmisi data biner melalui jalur-jalur komunikasi.
Lapisan ini bertanggung jawab untuk mengaktifkan dan mengatur physical interface jaringan komputer ( hubungan DTE – DCE ) misalnya : 10 Base T, V.35, X.21

2. Data link Layer ( Layer 2 )
Lapisan ini mengatur topologi jaringan, error correction dan flow control. Switch dan Bridge bekerja dilapisan ini . Lapisan ini mengubah bit-bit menjadi frame-frame maupun menguraikan paket-paket menjadi frame dari lapsan diatasnya.
Frame mempunyai beberapa elemen yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri, sebagai contoh frame Ethernet IEEE 802.3.
- Preamble DA SA Length Data FCS 
- 8 byte 6 byte 6 byte byte 
- Preamble Preamble
Keterangan :

- Preamble berfungsi untuk menandakan awal frame

- DA ( Destination Address ) alamat penerima/ yang dituju

- SA ( Source Address alamat pengirim / asal

- Length Byte memberi jumlah byte data

- Data adalah pesan utama yang dikirim

- FCS ( Frame checks Sequence ) untuk memeriksa apakah frame diterima dengan baik dengan menggunakan metode CRC ( Cyclick redundancy checksum yang membandingkan nilai checksum dari frame yang dikirim dan yang diterima.

3. Network Layer ( Layer 3 )
Lapisan ini meneruskan paket dari node ke node lainnya dalam jaringan komputer, selain itu berguna untuk pengaturan pemberian alamat , peralatan jaringan memilih jalur terbaik dan meneruskan paket . Pada lapisan ini segmen-segmen diubah menjadi paket-paket dengan menambah informasi mengenai alamat kogika / ip address yang dituju. Router bekerja pada lapisan ini.

4. Transport Layer ( Layer 4 )
Lapisan ini bertanggung jawab atas keutuhan transmisi data , bertugas untuk memisahkan lapisan tingkat atas dan bawahnya. Pada lapisan ini data diubah menjadi segmen/ data stream .

5. Session Layer ( Layer 5 )
Lapisan ini membuka, mengatur dan menutup lapisan session antara aplikasi-aplikasi protocol yang berfungsi pada lapisan ini a.l RPC, SQL, X Windows, dll.

6. Presentation Layer ( Layer 6 )
Lapisan ini bertanggung jawab untuk presentasi grafik, visual, image dan memberi sarana-sarana pelayanan konversi, format, encripsi data, seperti file format ASCII, JPEG, MPEG, MIDI, dsb.

7. Aplication Layer ( Layer 7 )
Lapisan ini bertugas memberikan saran-saran pelayanan jaringan komputer untuk aplikasi-aplikasi pemakai dan mengadakan komunikasi dari program ke program. Contoh FTP, Telnet, e-mail, browsing ke internet.

1 comments:

Post a Comment